PERANCANGAN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS DAN PELAYANAN PELANGGAN PADA PAY LAUNDRY

Muhammad Farel Syahputra, Anita Diana, Rizky Tahara Shita

Abstract


Berkembangnya teknologi informasi mendorong bisnis untuk menerapkan pendekatan yang lebih efektif untuk mengelola hubungan pelanggan. Pay Laundry, sebuah laundry di Parung, adalah subjek penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat sistem Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) yang berbasis web. Melalui fitur seperti pengelolaan keluhan pelanggan, promosi, dan testimoni, sistem dimaksudkan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Selain itu, sistem juga memungkinkan pengelolaan data transaksi, laporan, dan umpan balik, sehingga lebih mudah bagi operasi bisnis. Studi ini menggunakan Rapid Application Development (RAD), yang mencakup analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem E-CRM dapat membantu mengelola data pelanggan dengan lebih baik, membuat transaksi lebih mudah, dan membuat pengalaman pelanggan lebih baik.

Full Text:

PDF

References


Aprillaurel, L., Aksan Halim, P., & Piksi Ganesha, P. (2024). PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT. ITOYA SELF PHOTO. 8(1).

Hidayat, A., Yani, A., Studi Sistem Informasi, P., & Mahakarya, S. (2019). MEMBANGUN WEBSITE SMA PGRI GUNUNG RAYA RANAU MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL (Vol. 2, Issue 2).

Irnawati, O., Bayu, G., Listianto, A., Informatika, M., & Bsi Bekasi, A. (2018). Metode Rapid Application Development (RAD) pada Perancangan Website Inventory PT. SARANA ABADI MAKMUR BERSAMA (S.A.M.B) JAKARTA 1).

Ishak Kholil. (2017). CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING TOKO ONLINE. In Jurnal Pilar Nusa Mandiri (Vol. 13, Issue 1).

Januaris Kundre, A., Wisnubadhra, I., Suselo, T., Program, ), Magister, S., Informatika, T., & Industri, T. (2013). PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DENGAN DUKUNGAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA PO. CHELSY.

Mardikawati, W., & Farida, N. (2015). PENGARUH NILAI PELANGGAN DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN, MELALUI KEPUASAN PELANGGAN PADA PELANGGAN BUS EFISIENSI (Studi PO Efisiensi Jurusan Yogyakarta-Cilacap).

Musyawarah, I. Y., & Idayanti, D. (2022). ISSN (cetak) 2621-7406 ISSN (online). Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(1), 2656–6265.

Nafisah, S. (2019). PERANCANGAN.

NOVARIN, F. R. (2016). SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS WEBSITE PADA BEHOLDER CLOTH.

Onna, A., Fauzi, C. A., & Kumadji, S. (2014). PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus pada Bandung Sport Distro Malang). In Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol (Vol. 15, Issue 1).

Rahwanto, E. (2020). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS WEB PADA PT. INTER ANEKA PLASINDO. In Jurnal Pendidikan dan Dakwah (Vol. 2, Issue 3). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa

Rasid Ridho, M. (2021). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI POINT OF SALE DENGAN FRAMEWORK CODEIGNITER PADA CV POWERSHOP. In JURNAL COMASIE.

Satzinger, J. W., Jackson, R. B., & Burd, S. D. (2016). Systems Analysis and Design In A Changing World (7th Edition). Cengage Learning.

Sulthan F, Muhamad R, & Rusdin T. (2021). manajemen operasional.

Sutrisno, J., & Karnadi, V. (2021). APLIKASI PENDUKUNG PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN MEDIA LAGU BERBASIS ANDROID. JURNAL COMASIE, 04(06).

Wahyuni, R., & Irawan, H. (2018). PENERAPAN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) DALAM UPAYA MENINGKATKAN LOYALITAS DAN PELAYANAN TERHADAP PELANGGAN Studi Pada Bengkel Yamaha Inti Mas Motor (Vol. 8).




DOI: http://dx.doi.org/10.36723/juri.v17i1.747

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.

 

 

 

 

 

View My Stats